Cancel Print Jobs Menggunakan Command Line Terminal di Linux Ubuntu

ubuntu-icon

Iseng-iseng buat postingan, sebenernya saya buat postingan ini karena saya sering mengalami kasus ini, saya menggunakan GNOME Shell di Ubuntu 12.04 saya, dan sayangnya fasilitas GUI (Graphic User Interface) yang disediakan untuk memonitor Print Jobs itu MENYEBALKAN sekali, ini bug dari GNOME Shell yang sampai saat ini belum dibenerin kayanya, jadi terkadang saya harus pindah ke UNITY untuk sekedar mencancel print jobs dan kemudian kembali ke GNOME Shell. Iseng-iseng saya coba cari beberapa artikel terkait, dan saya pikir lebih mudah jika menggunakan command line, dan… ternyata sangat mudah šŸ˜€

Well, langsung aja, jika temen-temen ada yang menjumpai kasus seperti saya atau memang mau mencancel print jobs dari terminal, langsung aja ikuti step berikut :

  1. Buka terminal (CTRL+ALT+T) atau masuk ke tty1 (CTRL+ALT+1~6)
  2. Ketik “$ lprm –” tanpa tanda kutip”
  3. Selamat, semua print job anda telah tercancel

Tanya : Yahhhhh, padahal saya cuma mau cancel yang satu itu doang, gimana dong?

Oke oke, ngak usah panik, ngak usah khwatir, ada kok caranya, untuk melakukan pembatalan print jobs tertentu, yang perlu diperhatikan adalah kita memerlukan job id nya, jika sudah kita gunkan perintah yang sama hanya – nya diganti dengan job id nya. contohnya sebagai berikut :

  1. Buka terminal (CTRL+ALT+T) atau masuk ke tty1 (CTRL+ALT+1~6)
  2. Ketik “$ lpq”Ā tanpa tanda kutip, nanti akan muncul seperti ini seharusnya (jika ada print job)

    Screenshot from 2013-05-19 08:15:11

    Perintah $lpq

  3. Nah, sekarang kita tahu job idnya, sekarang kita gunakan perintah untuk cancel print jobs nya.
  4. Perintahnya “$ lprm id” , jadi kita bisa ketik “$Ā lprm 15“, kemudian enter.
  5. Selamat, anda sudah berhasil calcel jobs print tertentu, jika mau cek, ketik aja lagi “$ lpq”, maka job 15 tadi sudah tidak ada.

    Sudah Tidak Ada

    Sudah Tidak Ada

Oke, semoga tips dan trik nya bisa membantu.

Salam hangat, admin satu-satunya

greenbel

2 pemikiran pada “Cancel Print Jobs Menggunakan Command Line Terminal di Linux Ubuntu

Tinggalkan Balasan

