[INTRO] LET’S SOLVING MATH WITH SAGEMATH

Owh yeah, udah berbulan-bulan ngak ngeblog dan akhirnya ngeblog kembali yeay. Oke lanjut, dulu saya pikir semester 6 ini udah ngak ada yang namanya matematika, tapi ternyata saya SALAH, haha, matematika itu terus ada cuma diganti aja nama mata kuliahnya (mungkin supaya ga bosen kali yah), akirnya karena matematikanya makin ribed dan sulit untuk diselesaikan, saya memutuskan untuk mencari software matematika yang bisa membantu saya dalam melakukan problem solving. Sebenarnya banyak software matematika yang dapat kita gunakan dalam menyelesaikan problem matematika, sebagai contoh SCILAB, MATLAB, Maple, Magma, Mathematica, Octave dan sebagainya tetapi saya masih belum bisa -jatuh cinta-, akhirnya setelah kubek sana kubek sini, liat ini liat itu akhirnya saya -terjatuh hati- dan memilih SAGEMATH sebagai pendamping saya *loh??

tanya : Kok milih SAGEMATH, ngak yang lain?

karena namanya lucu, ada “SAGE” nya, serasa main Ragnarok Online (salah), ngak kok bukan itu alasannya, secara simpel saya suka menggunakan SAGEMATH karena alasan ‘praktis’, SAGEMATH berbasiskan code Python, artinya simpel dalam melakukan proses peng-code-ing an, disamping itu SAGEMATH berlisensi GNU GPL yang artinya kita diperbolehkan untuk menggunakannya secara gratis, memodifikasinya semau apa yang kita mau.

tanya : Saya masih bingung, SAGEMATH itu sebenernya apaan sih? softwarenya bisa ngapain aja sih?

Nice Question, menurut mbak wikia, SAGEMATH adalah perangkat lunak bebas GNU yang dipakai untuk penyelesaian berbagai masalah matematika seperti analisis numerik, aljabar, kombinatorik dan kalkulus. Sebagai contoh mudah, aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan konversi biner ke desimal dan sebaliknya, masih banyak fungsi lainnya, dan karena software ini menggunakan bahasa Python, artinya kemampuan python dapat diturunkan ke software ini, asik kan? πŸ˜€

Oke, intronya udahan dulu, monggo kalau mau coba aplikasi ini, aplikasi ini dapat diunduh di situs resminya, saya coba menjalankan di Linux, it’s work tetapi teman saya yang menggunakan windo*s bilang kalau software ini ternyata dijalankan di VMware / Virtual Box

Jika kalian pengguna Linux, kalian cukup klik dua kali di sage.sh kemudian run in terminal, jika ingin melakukan pengetikan script lebih mudah, bisa menggunakan fasilitas GUI nya dengan mengetikan “notebook()” tanpa tanda kutip.

SAGE dalam mode CLI

Jika sudah mengetikan “notebook()” maka secara otomatis, SAGE akan memporting port 8000 dan menjalankan localhost, alamatnya di “http://localhost:8000/home/admin/”, buat sebuah worksheet, kemudian lakukan proses peng-code-ing an. ENJOY πŸ˜€

Link Download : SAGEMATH

Salam hangat,

admin satu-satunya

greenbel

Iklan

5 pemikiran pada “[INTRO] LET’S SOLVING MATH WITH SAGEMATH

  1. kalo di windows gimana gan?

    • kalo di windows, nanti filenya itu berupa file virtual box, tinggal dijalanin di sana, nanti langsung muncul di web browser πŸ˜€
      CMIIW

  2. Kasih contoh, Mas. Biar saya ngerti bagaimana pakainya. Saya tertarik dengan SAGE sebagai pengganti Matlab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s