[BLENDER] MEMBUAT SI HIJAU ANDROID

Semangat membara, lagi semangat-semangat nya desain mendesain nih, baru belajar kemarin dan ternyata desain itu asik so sejenak lupakan tentang coding meng coding πŸ™‚

Kali ini saya mencoba memberikan tutorial tentang blender, dalam asumsi kali ini diharapin sih temen-temen ngak buta-buta banget tentang blender.

Tanya : Blender bukannya buat masak yah?

Haha, blender yang sekarang dibahas bukan buat motong-motong makanan, tapi blender disini adalah sebuah software pendukung untuk membuat objek 3D, untuk keterangan lebih lengkap langsung aja visit ke situs resminya DISINI. Oke pada postingan kali ini, saya akan memberikan tutorial sederhana pembuatan objek 3D membuat karakter yang ngak asing lagi, yaitu maskot nya Sistem Operasi Android, si Hijau itu loh, bahan baku yang dibutuhin ya sebuah leptop, mouse dengan 3 tombol, dan usahain punya num-pad supaya gampang, Software yang dipake tentu aja BLENDER dan kali ini yang saya gunakan adalah versi 2.6 (soalnya menurut saya lebih mudah dibanding versi sebelumnya). So Check this out πŸ˜€

PERSIAPAN + PEMBUATAN BADAN

  • Buka aplikasi blender 2.6
  • Hapus “cube” yang secara default ada ketika membuka lembar kerja
  • Kemudian siapkan sebuah bola “Sphere” seperti contoh berikut

    Sphere Untuk di Modifikasi

  • Setelah itu perbesar dengan scroll lock agar lebih mudah melihatnya
  • Gunakan “tab” untuk masuk ke dalam “edit-mode” seperti gambar dibawah ini

    Sphere Pada Edit-Mode

  • Kemudian ambil titik tengah kemudian sorot dan blog, gunakan Shift + alt + mouse click untuk memblok separuh bagian sphere kebawah seperti gambar berikut

    Sphere di Blog (CTRL+ALT+Mouse Click)

  • Jika sudah, hapus dengan menggunakan tombol “x” atau dengan menggunakan tombol “del” pada keyboar, pilih hapus secara Vertices, maka didapati hasil nya sebagai berikut

    Sphere Menjadi Separuh

  • Kemudian kita akan memanjangan bagian yang terbelah tadi, kita akan menggunakan fungsi “ex-rude”, gunakan tombol “E” kemudian sorot sesuai bidang z kebawah sebanyak dua kali, maka hasilnya akan didapat pemanjangan sisi sebanyak dua bidang seperti gambar dibawah ini

    Exrude Sebanyak Dua Kali

PEMBUATAN TANGAN, TANDUK, MATA DAN KAKI

  • Buat sebuah sphere kecil, kemudian lakukan proses serupa dengan pembuatan badan pada tahap sebelumnya, proses nya sama hanya yang berbeda adalah tidak digunakan penghapusan, dan hanya melakukan exrude sebanyak bentuk yang diinginkan seperti gambar dibawah ini

    Sebuah Sphere Kecil

    Hasil

  • Jika sudah, kita akan buat tangan sebelahnya dan kaki, tidak perlu membuat objek sphere lagi, cukup gunakan fasilitas “duplicate” dengan menggunakan tombol “SHIFT+D”, kemudian pindahkan ke bagian kiri lengan, kaki kanan dan kaki kiri, maka didapati hasil sebagai berikut
  • Tangan dan Kaki
  • Sekarang buat bagian tanduk, cukup duplikat objek tangan tadi, kemudian scale menjadi ukuran yang lebih kecil dan panjang, gunakan tombol “s”, kemudian lakukan rotasi sebanyak 20 dan -20 untuk tandung yang dibuat, gunakan tombol “r” (rotate)
    Tanduk Si Hijau
  • Sekarang buat dua buah mata, lagi-lagi gunakan objek Sphere, lakukan scale dan letakan di bagian kepala

    Mata Si Hijau

PEWARNAAN

  • Untuk mewarnai objek pada blender, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, kali ini saya akan mewarnainya dengan menggunakan fungsi “Material”, langkahnya adalah sebagai berikut, pertama pilih objek yang akan diwarnai
  • Kemudian pilih bagian material, Pilih tombol “+” pada layar, kemudian di bagian Deffuse, ganti warna dari objek tersebut, agar lebih mudah, perhatikan gambar berikut

    Pewarnaan Dengan Material

  • Lakukan hal yang sama pada bagian tangan, kaki, tanduk dan mata dengan warna yang sesuai, jika sudah maka hasilnya akan seperti berikut

    Pewarnaan Selesai

     

SMOOTING DAN RENDERING

  • Agar objek terlihat lebih indah dan realistis, gunakan fasilitas smooth pada opsi shading, pilih “Smooth” di opsi Shading pada panel Object Tools, jika sudah maka hasilnya akan seperti berikut

    Objek Jadi I

    Objek Jadi II

  • Dan terakhir adalah tahap yang ditunggu-tunggu, yaitu tahap rendering, untuk komputer yang memiliki RAM dan prosesor yang kecil, harap bersabar, proses ini akan memakan waktu, tapi untuk kali ini proses rendering akan berjalan dengan cepat karena tidak banyak objek yang sulit untuk di render.

    Hasil Rendering

Oke, sekian tutorial dari saya, semoga dapat membantu dan bermanfaat, kalau ada kendala bisa hubungi saya, email atau chat πŸ˜€

Salam hangat,

greenbel

admin satu-satunya

Iklan

15 pemikiran pada “[BLENDER] MEMBUAT SI HIJAU ANDROID

  1. kok waktu saya tab semuanya langsung di blog otomatis?

  2. wah.. aa’ jemiro nih… keren2 πŸ˜€

    ijin kopas kk buat tugas perulangan -___________-“

  3. mantap juragan πŸ™„

  4. om kasih source nya thu kasian anak2 kelas ane lagi pada nyari source boneka ijo nya πŸ˜‰

  5. Source apa nih dulu nih? :p
    itu agan bebb.becky udah tau πŸ˜€

  6. mantep gan, tapi saya masi meraba” nih, jadi aga sedikit sulit
    ada tutor yg lebih sederhana kah untuk pemula?
    thanks πŸ˜‰

  7. Waaahh, mantap banget gan tutorialnya, saluuuutttt

  8. Wah Mas.. tutorialnya bagus
    cuman cara buat sphere itu gimana ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s