[TUTORIAL] PENGENALAN STRAWBERRY PROLOG

Strawberry, rasanya asem tapi seger kan kalau dimakan, sama kaya mahluk yang akan kita bahas ini, rada asem gimana gitu kalau dipelajarin, tapi kalau udah ngerti pasti bilang mahluk ini “unik”, well tema kali jelas adalah “STRAWBERRY PROLOG

tanya : Starwberry Prolog makanan jenis apaan dah?

Haha, sebelum membahas mahluk bernama Strawberry prolog, kita bahas terlebih dahulu tentang PROLOG, PROLOG adalah sebuah bahasa pemrograman yang dirancang oleh Alain Colmenraurer dan P. Roussel di Universitas Marseilles Prancis pada tahun 1972, PROLOG merupakan sebuah singkatan dari Programing in Logic (dalam bahasa Pranci programmation en logique), di Eropa sana, bahasa pemrograman ini populer digunakan untuk membuat sebuah aplikasi atau game berbasiskan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.

Bahasa pemrograman PROLOG tidak memilki aturan khusus seperti adanya prosedur atau tetek bengeknya yang ada pada bahasa pemrograman lain dikarenakan bahasa pemrograman PROLOG ini tergolong “Declarative Language“, tidak ada prosedur didalamnya, tetapi terdapat kumpulan data-data objek (fakta) yang akan diolah, dan relasi antara objek tersebut akan membentuk sebuah aturan (rule) yang diperlukan untuk mencapai suatu goal (tujuannya).

Penerapan PROLOG ini cukup banyak diterapkan pada bidang-bidang tertentu, berikut contoh penerapannya :

  • Sistem Pakar (Expert System)
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
  • Robotika
  • Pengenalan Pola (Pattern Recognition)
  • Pembelajaran (Learning)

Tanya : katanya mau bahasa strawberry prolog? ini mah PROLOG

Haha, sabar-sabar, ini baru mau dijelasin kok, setelah kalian tau bahasa pemrograman PROLOG, sekarang saya bahas tentang Strawberry PROLOG, check this out.

Menurut sumber-sumber yang saya baca, salah satunya disini, Stawberry PROLOG adalah dialeg dari bahasa pemrograman PROLOG, maksudnya apa? maksud dari dialeg ini dapat saya artikan dengan workspace atau IDE (Integrated Desktop Environment) untuk bahasa PROLOG itu sendiri, tentunya dengan sentuhan-sentuhan (tambahan Library / ekstensi) dari para penciptanya, Strawberry PROLOG dirilis pertama kali pada tahun 1996 sebagai produk dari Institute of Mathematics and Informatics, Bulgarian Academy of Sciences.

Tanya : woh, ternyata bahasa pemrograman juga, dikirain apaan, terus jalan ga di Linux?

Well, PROLOG dapat dijalankan di Linux, di Linux terdapat dialeg-dialeg lain selain strawberry prolog seperti SWI-PROLOG, dan untuk masalah Strawberry PROLOG dapat dijalankan di Linux atau tidak, jawabannya adalah BISA, gunakan aplikasi pembaca library windo*s (gunakan wine), tetapi beberapa bug akan ditemui dalam kasus ini (test on my Ubuntu 11.10 Oneiric Oricelot with wine versi 1.3.28)

Isi dari Strawberry Prolog ya mirip dengan orang tuanya, si PROLOG itu sendiri, kalau saya perhatikan Stawberry PROLOG nampaknya dirancang untuk pembuatan game (soalnya banyak contoh pembuatan game didalamnya), dan saya juga sedang buat game dengan bahasa pemrograman ini, berikut hasil kasar dari game yang saya buat (maaf-maaf nih, belum sempet diselesaikan pembuatannya, masih kasar banget).

Game dengan Strawberry PROLOG

Game dengan Strawberry PROLOG

Game dengan Strawberry PROLOG

Well, sekian dulu pengenalan dari Strawberry PROLOG, kita lanjutkan di postingan berikutnya seperti pembahasan Desktop Environment serta coding tentunya 😀

Salam hangat,

greenbel

admin satu-satunya


Iklan

Satu pemikiran pada “[TUTORIAL] PENGENALAN STRAWBERRY PROLOG

  1. Ping balik: [GAME] PERTEMPURAN TITISAN NAGA KEMBAR « Greenbel's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s