[GRAFIK] PENGGUNAAN BITMAP DAN VEKTOR

Posting, posting kembali posting. Tema malam ini masih sama, masih tentang grafik, sebetulnya postingan ini terkait erat dengan dua postingan saya sebelumnya, terlebih postingan pertama, pada postingan sebelumnya telah saya jelaskan aplikasi yang cocok untuk gambar bitmap dan vektor, sekarang kita lihat pengimplementasiannya dalam kehidupan nyata #eaabahasanya.

Well, sebelumnya jika yang belum menggerti perbedaan antara bitmap dan vektor dapat dibaca diSINI dan diSINI, sekarang kita masuk kedalam contoh kasusnya.

Foto! atau dalam bahasa inggris kita bilangnya photo (sama aja) well, salah satu hasil jepretan kamera adalah bitmap, semakin tinggi resolusi sebuah foto (Mega Pixel) makin rapat juga pixel yang dihasilkan, pixel adalah satuan dari titik-titik warna yang membentuk sebuah bentuk (telah dijelaskan sebelumnya), nah jelas banget kalau Bitmap cocok untuk keperluan dunia fotografi atau gambar-gambar yang memiliki banyak warna atau colourfull, alasannya karena masing-masing pixel meng”lock” warna-warna yang kemudian disusun, makin banyak pixel dalam per satuan besar ya makin bagus kualitasnya, kita bisa gunakan aplikasi GIMP dan sejenis yang notabennya editor gambar bitmap, misal kita ingin memanipulasi warna background kita, menghilangkan noda-noda hitam diwajah dan sebagainya, caranya mudah, dengan memanipulasi dan mereplace pixel-pixel yang ada dengan pixel baru yang warnanya berbeda. Selain itu dengan Bitmap, kita bisa memanipulasi beberapa objek sehingga tampak menyatu dengan kita, memperbaiki kualitas warna gambar hingga memberikan efek-efek tertentu pada warna gambar (cahaya, glowsi, dkk).

Berikut contohnya

Liat tuh perbedaanya after and before, bitmap mampu memanipulasi intensitas warna, cahaya, menghilankan noda, hingga membuat muka kusem jadi cemerlang, ini nih aplikasi wajib yang dipakai anak-anak 4laY supaya mukanya keliatan bagus.

Nah sekarang tentang Vektor, kalau vektor itu cocok untuk gambar-gambar yang warnanya sejenis atau tidak terlalu menggunakan berbagai warna, contohnya logo-logo, alasan lainnya adalah karena logo biasanya menggunakan beberapa garis lengkung atau beberapa bentuk yang notabennya saat pergeseran line, gambar akan dapat mengenerate line tersebut, initinya saat dibesarkan, bentuk gambar ngak akan berubah, intinya saat kalian mau membuat gambar dengan banyak curve atau shape, gunakan gambar berjenis Vektor. Contoh lainnya adalah penggunaan dibidang Desain, mulai dari desai baju hingga desai rumah.

Berikut contohnya :

Lihat, hasil dari vektor kebanyakan adalah garis / curve tertentu, so pas diperbesar(discale) kualitas gambar ngak akan pecah karena masing-masing dot dapat diisi warna lainnya.

Sekian contoh kasusnya, kalau ada yang lain nanti diupdate deh 😀

Salam hangat,

greenbel

admin satu-satunya

Iklan

Satu pemikiran pada “[GRAFIK] PENGGUNAAN BITMAP DAN VEKTOR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s