[GRAFIS] APLIKASI BENAR UNTUK HASIL YANG BENAR : Perbedaan Vector dan Bitmap

Pernah denger temen kamu bilang kaya gini?

“Eh, gw ngak biasa pake photoshop, gw sih maennya pake CorelDraw”

Well, kalau mendengar kata-kata tersebut rasanya ingin tertawa, entah saya yang memang tertinggal informasi atau memang dia yang ngak ngerti? haha
Berbicara soal photoshop yang disanding dengan CorelDraw rasanya ngak akan lepas dari yang namanya “vektor” atau “bitmap”, soalnya kedua aplikasi tersebut sama-sama digunakan sebagai “tools” dalam dunia Permodelan Grafik tetapi masing-masing ditujukan untuk hal yang berbeda.

Tanya : bang, maaf sebelumnya nih, Permodelan Grafik apaan sih?

Oke, sebelum masuk ke bagian “apa sih vektor”, “apa sih bitmap”, “apa sih bedanya”, “kenapa bisa beda” dan sebagainya, kita bahas dulu sedikit tentang Permodelan Grafik, Menurut ilhamsk.com, Permodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, sedangkan menurut blog aflah7 grafik sendiri diartikan kombinasi dari gambar-gambar, lambang-lambang, simbol-simbol, huruf, angka, kata, lukisan, sketsa yang dijadikan satu kategori untuk memberikan konsep dan juga ide dari pengirim kepada sasarannya dalam menyampaikan informasi, jadi menurut saya Desain Permodelan Grafik itu adalah Sebuah desain yang membentuk sebuah obyek dimana obyek tersebut mengandung kombinasi gambar-gambar, lambang-lambang, simbol-simbol dan sebagainya guna menyampaikan informasi terkait (maaf-maaf nih kalau salah).

Tanya : Oke ngerti bang, sekarang lanjut ke bagian vektor sama bitmap dong.

Sip, sebelumnya,  agar lebih mudah menjelaskannya, coba buka sebuah file berekstensi apa saja, kemudian perbesar gambar tesebut hingga 500% atau bahkan hingga 1000%, maka apa yang terjadi? kalau gambar tersebut “pecah” atau menjadi rusak kualitas gambarnya, bisa dipastikan gambar tersebut adalah tipe “bitmap” sedangkanjika ngak “pecah” gambar tersebut tergolong gambar bertipe “vektor”.

Tanya : Ohh, jadi cuma itu bang perbedaanya? jadi bitmap sama vektor gitu doank??

Sabar-sabar, ini mau dijelasin kok apa itu bitmap sama vektor 🙂

BITMAP

Bitmap atau bisa kita sebut Raster menurut pengertian mbak Widi adalah  sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Menurut penelaan otak saya, pada bitmap penyusunan warnanya ditentukan dari pixel tersebut, dimana masing-masing pixel tersebut berisi warna yang ditentukan hal ini lah salah satu yang membuat perbedaan mendasar antara bitmap dan vektor yang akan saya jelaskan dibawah.

VEKTOR

vektor adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. “, nurannisaa7.

So, dengan pengertian keduanya bisa saya simpulkan mengapa pada bitmap gambar jika diperbesar menjadi pecah sedangkan vektor tidak adalah karena “resolusi”-freedom nya (CMIIW kalau bahasanya suka aneh-aneh), pada Bitmap resolusi per pixel telah ditentukan ukurannya, sedangkan pada resolusi vektor, warna tidak ditentukan besarannya pada sebuah pixel sehingga ketika diperbesar vektor dapat mengisi bit-bit (resolusi) tersebut dengan kuantitas warna lainnya.

Disamping itu semua, pernyimpanan dan penyusunan dari bitmap dan vektor berbeda, pada bitmap file akan tersimpan dalam bentuk layer per layer, sedangkan vektor tidak. bitmap tersusun dari tumpukan layer sehingga jika dilihat dari depan (tumpukan layer) makan tentu gambar akan terlihat bagus, sedangkan jika di diperbesar, maka tumpukan layer teesebut akan menghilang sehingga gambar menjadi pecah.

Tanpa diperbesar : Mata >> tumpukan layer

Setelah diperbesar : Layer >> mata >> layer ( yang dilihat hanya sebagian layer)

Tanya : Oke bang, ngerti sekarang. Sekarang maksudnya itu judul postingan apaan?

APLIKASI BENAR UNTUK HASIL YANG BENAR, ya sesuai dengan penjelasan tadi, penggunaan “tools” yang tepat akan menghasilkan hasil yang tepat pula, untuk membuat gambar bertipe bitmap atau vektor digunakan “tools” yang berbeda-beda, paling umum dan paling sering digunakan sebagai “tools” untuk membuat/memanipulasi gambar tipe bitmap adalah Adobe Photoshop, sedangkan yang paling populer digunakan sebagai editor vektor tentu saja “CorelDraw”

Tanya : yah bang, itu sih saya ngak sanggup beli 😦

Haha, jika memang dirasa software tersebut terlalu mahal dan tidak terjangkau, silahkan gunakan software opensource yang dapat diunduh gratis yang kemampuanya sama DAHSYAT dengan aplikasi berbayar tesebut, aplikasi ini dapat berjalan di Sistem Operasi Linux maupun Windo*s.

Bitmap :
GIMP (GNU Image Manipulation Program) bisa di Download di SINI

LibreOffice Draw bisa di Download di SINI

Vektor :
InkScape Bisa di Download di SINI

SK1 Bisa di Download di SINI

Semoga tulisan ini bermanfaat

admin satu-satunya

Greenbel


Iklan

2 pemikiran pada “[GRAFIS] APLIKASI BENAR UNTUK HASIL YANG BENAR : Perbedaan Vector dan Bitmap

  1. thanx ya pingback-nya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s