LANGKAH MUDAH BACKUP PROGRAM LINUX UBUNTU VIA APTonCD (PART 1)

Terkadang ketika kita ingin menginstall ulang atau ingin menginstallkan komputer lain OS Linux baru, muncul kendala yang sering membuat gregetan, masalah “Backup Program”, ketika diInstall ulang pasti program yang sebelumnya telah terinstall akan hilang, mungkin bagi yang memiliki koneksi internet berlebih atau punya CD repository tidak bermasalah, lantas bagaimana dengan pengguna yang tidak selalu online dan tidak punya CD repository?

Well, kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan trik, berhubung banyak cara, saya akan bagi menjadi dua bagian, postingan kali ini adalah postingan langkah mudah nya dengan menggunakan program APTonCD

Tanya : APTonCD apa sih mas?

Oke, akan saya jelaskan sebelumnya, file ekstensi di ubuntu ada beberapa macam, biasanya untuk instalasi file menggunakan file berekstensi .deb ataupun yang lainnya, dengan menggunakan program APTonCD, program ini akan membackup semua packet-packet di Linux kita menjadi .iso yang akan di burn ke CD/DVD.

Cara menginstall :

Melalu Terminal

  • Buka terminal ( CTRL + ALT + T)
  • Ketikkan “$sudo apt-get install aptoncd
  • Tunggu installasi selesai

atau melalu Ubuntu Software Center!

  • Perhatikan packet nya LIHAT INI
  • Buka Ubuntu Software Center
  • Search “APTonCD”
  • Install

Jika sudah, mari kita lihat cara kerjanya!

  1. Buka APTonCD yang telah terinstall, kemudian pilih CREATE
  2. Disini akan terlihat packet-packet yang terinstall kemudian pilih BURN
  3. Pilih mau di buat ke CD/DVD, Lokasi file .iso, Nama .iso, APPLY
  4. Tunggu proses hingga kelar!
  5. Silahkan pilih mau langsung di burn atau tidak πŸ™‚

Untuk tutorial Mounting via ISO silahkan lihat di SINI

Sekian tips dan trik yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat, besok kita sedikit bercoding dari terminal! hehe

Salam hangat,

greenbel admin satu-satunya

Iklan

8 pemikiran pada “LANGKAH MUDAH BACKUP PROGRAM LINUX UBUNTU VIA APTonCD (PART 1)

    • ada beberapa cara untuk menrestore filenya

      1. Install APTonCD, kemudian pilih restore
      2. Mounting iso nya / burn ke dalam CD/DVD
      3. Ekstrak .iso nya >> masuk foldernya >> ketik $sudo dpkg -i *.deb (ini yang biasa saya pake)

      semoga bermanfaat πŸ™‚

  1. kalo gitu berarti sama aja dg membikin repository dari aplikasi yang tlah terinstall di computer kita???

  2. thank’s boz atas tutorialnya ini bermanfaat banget buat saya boz…

  3. mas. apa guna restore di app aptoncd???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s