BUKAN HANYA MEMBANGUN TAPI JUGA MENGABDI

Sebelum saya menulis artikel ini, saya bertanya-tanya dan berfikir apa yang harus saya tulis, apa yang harus saya sertakan, apa tujuan saya menulis dan untuk apa saya harus repot-repot menulis, yups terlepas dari sebuah kompetisi atau apapun, saya menulis karena saya suka menulis, saya suka berbagi dan saya bangga akan diri saya masih bisa berbagi ūüôā

Kembali saya telusuri “si serba tahu” dengan keyword “Peran sebuah Universitas dalam Perkembangan dunia IT di Indonesia” untuk mencari beberapa pencerahan agar saya dapat lancar menulis artikel ini, saya juga sudah baca beberapa tulisan teman-teman lainnya, tapi hasilinya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Kembali saya telusur memori saya beberapa tahun yang lalu ketika saya baru menjadi seorang mahasiswa, saya teringat akan sebuah misi dari seorang -Wanita Tangguh- yang memberikan kuliah perdana bagi saya, beliau mengatakan hal spesial yang membuat saya berfikir “benarkan?” , saya ambil buku pedoman yang diberikan kepada saya ketika saat itu, saya balik halaman demi halaman hingga saya menemukan sebuah bab tentang Visi, Misi, dan Tujuan dari Universitas yang telah saya pilih

Misi :

Memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat, menyumbang pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional,  kompeten, dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan yang akan datang, memainkan perananan penting dalam ilmu yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi, memenuhi kebutuhan masyarakat pengenalan, pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional perguruan tinggi dengan berfokus pada integrasi teknologi informasi dalam setiap aspek kehidupan manusia.

Begitulah yang terlulis didalam buku pedoman saya yang bertuliskan “BUKU PEDOMAN UNIVERSITAS GUNADARMA”, dan wanita yang memberikan kuliah tersebut adalah orang yang berada di balik layar itu, dialah Rektor Universitas Gunadarma “Prof. Dr. E. S. Margianti, S.E., M.M.”.

UNIVERSITAS GUNADARMA, ya itulah kampus saya, saya yakin tidak ada yang tidak mengenal kampus saya ini, berbicara mengenai “apa sih yang sudah dilakukan UNIVERSITAS GUNADARMA” bagi saya sebetulnya tidak perlu dijelaskan lagi, karena sudah jelas, GUNADARMA MENDUKUNG PENUH pembanganunan teknologi informasi di Indonesia!!

Saya teringat akan sebuah Talk show yang saya ikuti di Universitas Gunadarma “Membangun Cyber City berbasis Komunitas” beberapa waktu yang lalu, talk show ini menginisiatifkan untuk mengembangkan Depok menjadi Cyber City, Gunadarma sebagai perguruan tinggi yang memiliki misi untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat tentunya ikut berpartisipasi dalam merealisasikan program ini.

Untuk mewujudkan pengembangan TI di lingkungan Depok secara luas, Pemerintah Kota Depok menggandeng Universitas Gunadarma dengan melakukan penanda tanganan Nota Kesepakatan (MoU). Penandatanganan MoU dilakukan oleh Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, dan Rektor Univeristas Gunadarma, Margianti. -dikutip dari Biskom.web.id

Kemajuan teknologi didukung dengan lulusan yang baik, perngajar yang berkualitas serta ikut sertanya (dukungan) dari lembaga pendidikan (Universitas) itu sendiri, berbicara soal kualitas lulusannya, Gunadarma telah mencetak lulusan yang berkulitas, sebut saja pria kelahiran Bukit Tinggi, 28 September 1961 yang mengenyam pendidikan resmi di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK Gunadarama), Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bapak Tifatul Sembiring, tidak lupa pengajar yang berkompeten seperti Bapak I Made Wirayana yang kerap dipanggil Pak Made yang aktif men­jadi koor­di­na­tor beber­apa proyek pen­er­jema­han pro­gram Open Source seperti KDE, SuSE, Abi­word dan juga seba­gai advi­sor pada Trustix Merdeka, dis­tibusi Linux Indone­sia yang per­tama, serta koor­di­na­tor tek­nis WinBI dis­tro berba­hasa Indone­sia yang dispon­sori oleh BPPT, beliau juga aktif menulis di Detik.com, Sat­unet, KOMPUTEK, MIKRODATA, ELEKTRO, PC Mag­a­zine Indone­sia, BISKOM, KONTAN, Warta eGov dan pengisi kolom tetap dan pendiri INFOLINUX, dan aktif berkon­tribusi melalui TIM PANDU (dikutip dari Luthfie Fadhillah, ada pula Pakar IT Bapak Mochammad Akbar Marwan, serta banyak yang lainnya.

Gunadarma selalu melihat perkembangan teknologi yang dibutuhkan sekarang dan yang akan datang, ini menunjukan bahwa Gunadarma selalu memberikan kontribusi yang baik dalam membangun masyarakat yang “melek” akan dunia teknologi mengingat dewasa ini teknologi informasi berkembang dengan pesat. Dengan terus mengupdate kurikulum yang didasarkan pada perkembangan teknologi, tentunya hal ini memiliki pengaruh besar dalam menghasilkan kulitas lulusan yang lebih baik.

Hal unik ketika kemarin berselancar di sebuah forum Linux, ketika itu ada beberapa mahasiswa (magister) yang butuh referensi soal A, B, dan C, dia sudah mencari berbagai referensi, tetapi tidak ditemukan, hingga ada sebuah link yang menyelamatkannya, link itu berasal dari sebuah repository yang memiliki jutaan refernsi, yaitu REPOSITORY GUNADARMA, well masih banyak fasilitas yang telah diberikan Gunadarma dalam upayah menyumbangkan ilmu pengetahuan teknologi informasi seperti UG OpenCourseWare, Wartawarga Gunadarma, UG Indopedia, serta komunitas-komunitas lainnya yang memberikan subangan ilmu dan pengetahuan bagi masyarakat Indonesia.

Kini Gunadarma telah mengabdikan dirinya 30 tahun, banyak hal yang telah dikontribusikan nya, banyak lulusan yang telah dicetaknya, berbagai fasilitas telah diberikan, ruang dan waktu teknologi yang tak kenal surut untuk berkembang akan tetap dilawan oleh Gunadarma, dan saya serta kita semua berharapa, semoga Gunadarma terus membangun serta mengabdikan dirinya agar lebih bayak lagi memberikan manfaat, memberikan kekuatan agar terus maju bangsa kita, bangsa INDONESIA!

MAJU TERUS GUNADARMA, MAJU TERUS INDONESIAKU!!

Tinggalkan Balasan

