DNS GOOGLE UNTUK JARINGAN INTERNET ANDA

Hallo semua, akhirnya saya kembali ke permukaan setelah sekian lama kelelep di lautan tugas 😀 . Kali ini saya akan membahas tentang Domain Name System atau biasa kita sebut DNS, dan yang akan kita gunakan kali ini adalah DNS dari Google.

Dalam bahasa mudah yang saya permudah DNS adalah saya asumsikan DNS seperti trek balap, lintasannya, sudah jelas arah dan tujuan, dan koneksi sebagai mobilnya, otomatis mobilnya ngak tersasar / salah trek, sedangkan secara ilmiah (bahasanya dah haha), DNS adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Sekarang sudah jelas kan fungsinya DNS, fungsi utamanya seperti buku telfon yang nyatetin semua nomer, bedanya ini alamat host untuk request data, salah satu penyedia DNS adalah Google, ini penyedia DNS yang cukup ampuh!! Sebelumnya saya pernah menggunakan layanan DNS dari FreeDNS, sayang terkadang malah bikin disconnect (mungkin pusing kali).

tanya : cara gunainnya gimana yah???

Oke, sekarang saya beri tutorial penggunaanya, berhubung saya pengguna Linux, saya berikan tutorial untuk Linux terlebih dahulu hehe.

LINUX

  • Langkah pertama, masuk ke System >> Preferences >> Network Connection
  • Pilih koneksi yang ingin menggunakan DNS Google ini (contoh : koneksi LAN wired Auto Eth0)
  • Masuk bagian Edit kemudian pilih tab “IPv4 Settings”
  • Ganti Automatic (DHCP) menjadi Automatic (DHCP) addresses only
  • Pada kotak DNS Server masukan 8.8.8.8 <spasi> 8.8.4.4
  • Kemudian Apply.

SELESAI!! DNS Google telah digunakan untuk koneksi anda. Coba deh download sambil browsing, pasti kerasa bedanya, mungkin biasanya pas lagi download, browsingnya jadi lemot, skrng jadi lebih cepet.

Berikut cara untuk setting di Operating System lainnyanya DISINI

Happy Surfing all

Salam hangat

Greenbel, admin satu-satunya

Tinggalkan Balasan

