WEB-CAM IN LINUX UBUNTU WITH CHEESE

Well, setelah lama tidak beredar di dunia per blog-an akhirnya saya kembali, soalnya habis me remove si “Jendela 7” dan beralih kembali ke cinta pertama saya Ubuntu! Saya masih pakai Ubuntu 10.04 Lucid LTS. Tanpa berpanjang lebar, kali ini saya akan membahas sedikit tentang “menggunakan webcam di LINUX”, defaultnya webcam belum dapat digunakan, banyak aplikasi yang bagus untuk aplikasi webcam ini, salah satu contohnya saya menggunakan “Cheese” untuk berwebcam ria (Default program in OpenSuSe).

Aplikasi ini cukup unik, aplikasi ini menyediakan beberapa efek-efek unik seperti mauve, Noir/Blanc, Saturation, Hulk, Vertical Flip, Horizontal Flip, Vertigo, Edge dll. Selain itu juga ada fasilitas countdown, terus Multiple Photos, sampai recording!

Oke langsung aja, Ada dua cara menginstall nya, lewat command line (Terminal) atau bisa juga lewat “Ubuntu Software Center” (bagi, pengguna Linux), oke sebelum kita menginstal, kita download dulu Source nya!

buka “Software Source” ( System >> Administration >> Software Source ) kemudian akan muncul layar seperti dibawah ini!

Software Source

Pindah tab ke “Other Software” masukan alamat repository nya! kalau belum ada coba di “add” silahkan lihat contoh dibawah ini!

Tab Other Software

Agar software yang pre-realeased bisa di install, silahkan pindah ke tab “Update” dan ceklis yang “pre-released update”, berikut gambarnya!

Tab "update"c

Kalau sudah! mari kita install sang program “Cheese”

INSTALL CHEESE

————————-

With Command line (Terminal) :

  • Open terminal (Application >> Accessories >> Termina;”
  • Ketik “Sudo apt-get install cheese” tanpa tanda kutip!
  • Selamat mendownload!

With Ubuntu Software Center :

  • Buka “Ubuntu Software Center” (Appication >> Ubuntu Software Center”
  • Search “Cheese”        -ini contoh gambarnya-
  • Ubuntu Software Center

  • Kemudian Install Aplikasi Cheese nya!
  • Silahkan menikmati download-annya!

 

Well, semoga bermanfaat! ^^V

 

Salam Hangat,

-Greenbel-

20 pemikiran pada “WEB-CAM IN LINUX UBUNTU WITH CHEESE

  1. good….i’ll try..

  2. Thank’s Bang…
    Udah dicoba…
    Hasilnya lumayan…

  3. nice posting gan d(^-^)

  4. wah masa saiia ga boleh shipping lagi mas, katanya too many receive shipment

    😦 jadi ga bergairah makennya..

  5. aplikasi yg gw cari2 nih bang !!!

    say cheese !!!:D

  6. Om ajarin dundd saya … saya kurang mngerti tentang Linux ….. Mohon Bantuan nyaa … jan Lupa Timpuk Cendol yaaa

  7. hay hay…
    salam kenal,

    info mas na mantaf juga tu
    aku ikutan ya…

  8. Silahkan, salam kenal juga 🙂

  9. Ping balik: LANGKAH MUDAH BACKUP PROGRAM LINUX UBUNTU (PART 1) « Greenbel's Blog

  10. Ping balik: LANGKAH MUDAH BACKUP PROGRAM LINUX UBUNTU VIA APTonCD (PART 1) « Greenbel's Blog

  11. trims artikelnya bermanfaat banget nich buat aku

Tinggalkan Balasan

