KONFIGURASI LOCAL AREA NETWORK (BAGIAN 1)

Huah, sebenarnya malas sekali membuat tutorial ini!! tapi dibawa santai aja, hehe! kali ini saya mau berbagi tips-trik dan sedikit ilmu yang lebih dulu saya ketahui (mungkin sudah banyak yang tahu), di postingan kali ini saya akan memberikan tutorial “Bagaimana cara menghubungkan beberapa komputer dengan menggunakan Kabel LAN (Local Area Network”

Sebelumnya, Saya jelaskan LOCAL AREA NETWORK itu mahluk yang seperti apa, well sesuai namanya “local area” yang artinya area lokal *plak* maksudnya gini, ini sebuah jaringan yang dibanggun tanpa internet tapi hanya antara komputer, menurut Mbak Widi Local Area Network adalah :

Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Oke, mungkin pusing bacanya, yang jelas secara mudahnya, beberapa komputer bisa berhubungan satu sama lain dengan LAN ini!

Adapun manfaatnya :

  • BUAT MAIN GAME BARENG-BARENG (HUAHAHA, saya biasa main CS bareng temen-temen pake LAN ini)
  • Memindahkan File/Backup File ke komputer lain jika tidak ada FD/HD eksternal (Kalau saya ngerampok Anime atau lagu dari komputer temen)
  • Bisa juga Share Internet (kalau temen pakai internet, koneksi bisa di share)
  • Ajang pamer ( padahal gara-gara ga punya HD eksternal T___T beliin donk)
  • etc.

Langsung aja, saya malas kalau harus di sini share langsung! jadi saya sudah buatkan PDF nya untuk di Download! semoga bermanfaat

Link DOWNLOAD TUTORIAL CONFIGURASI LOCAL AREA NETWORK!

 

 

2 pemikiran pada “KONFIGURASI LOCAL AREA NETWORK (BAGIAN 1)

  1. how to use this in linux?

    • not really deferent

      step 1 : plug in your LAN cable

      step 2 :
      System >> Preferences >> Network Connection

      Step 3 :
      in “Wired Connection” tab, click add button

      Step 4 :
      IPv4 Setting >> Manual

      Step 5 :
      fill your IP and DNS (optional for DNS)

      Step 6 :
      Apply

      ^^v

Tinggalkan Balasan

