NONTON TV APA NONTONIN TV?

Huaah.. maaf-maaf baru sempat nulis lagi nih teman-teman, saya aga sibuk akhir-akhir ini (menyibukan diri sendiri tepatnya) well, langsung aja, ditulisan kali ini saya masih mau bahas tentang NewMedia, karena saya pikir cukup asik membahas sebuah konsep baru yang WAH..

Kali ini teknologinya masalah Televisi a.k.a TV, but sure, this is DIGITAL TELEVISION! so cek it out! Sebelum membahas lebih jauh saya kutip penggertian dari mbak WiDi alias si mbak WikipeDia :))

Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambarsuara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Oke, pasti pusing (saya juga pusing @_@) tapi tenang, saya akan coba jabarkan, tapi sebelum itu yuk kita coba bahas perkembangannya tapi ga usah pake sejaratisem alias bersejarah melainkan bercerita tentang pengalaman.

Alkisah (Bahasanya) ini pengalaman saya dulu nonton TV loh, dulu TV saya ‘gede’ banget, bukan karena Resolusi TVnya yang besar tapi ukurannya itu loh, segede gaban + Kayu yang super berat.. Nonton pake sambungan kabel yang harus digoyang-goyang kalau ngak dipegangin supaya bisa nyari sinyal, sampai akhirnya saking keselnya karena ngak dapat sinyal, saya gebukin deh tuh TV super gede yang walhasil saya balik di gebukin, berbeda dengan sekarang, dirumah saya sekarang sudah ngak pakai antena yang menyebalkan itu, dan TV nya juga ga perlu di pukulin 40 derajat supaya nyala, sekarang saya pakai salah satu provider yang menyediakan layanan TV digital. (jadi curhat)

Dari cerita singkat (lebih tepatnya curhatan singkat) tersebut bisa kita lihat, perkembangan sebuah teknologi DIGITAL TELEVISION dan benar-benar bisa membedakan apa itu NONTON TV dengan NONTONIN TV.

Kembali ke pokok pembahasaan, Digital Television atau di bahasa indonesiain TELEVISI DIGITAL merupakan sebuah produk NewMedia (coba lihat tulisan saya sebelumnya di SINI dan di SINI) kalau menurut yang saya baca, cara kerja dalam hal ini format dari gambar dan suara hampir mirip dengan system kerja recoreder video, Sinyal-sinyal ini ditanggkap oleh sebuah alat (misal parabola khusus dari provider) dan diterjemahkan format tersebut sehingga kita bisa NONTON TV bukannya nontonin TV.

Ada tiga standar sistem pemancar televisi digital di dunia, yaitu televisi digital (DTV) di Amerika, penyiaran video digital terestrial (DVB-T) di Eropa, dan layanan penyiaran digital terestrial terintegrasi (ISDB-T) di Jepang.  Semua standar sistem pemancar sistem digital berbasiskan sistem pengkodean OFDM dengan kode suara MPEG-2 untuk ISDB-T dan DTV serta MPEG-1 untuk DVB-T.

Perhatikan, system pengkodean atau penTRANSLET kalo bahasa gahul nya dari masing-masing standar pemancar beda-beda dan menurut yang saya tau, ISDB-T itu paling fleksibel dan biasanya digunain di Handphone atau perangkat seluler lainnya.

Tanya : Terus manfaatnya apa sih? bingung nih bang.. bahasanya banyak yang dewa T__T

Pertanyaan yang bagus, mari saya jabarkan manfaat atau kelebihan dari DIGITAL TELEVISION ini. Banyak sekali kelebihan dan manfaat dari Digital Television ini, tapi saya ringkas menjadi 3 Sub, nanti bisa dicek sendiri dan merasakan perbedaannya, ini hanya ringkasan + pemahaman dari penulis. Cek it OUT!!

  • KUALITAS, hal ini ngak akan pernah dibohongin, kualitas DIGITAL TV jauh lebih baik dari ANALOG TV
  • ISI & BOBOT, hal ini jelas!! mengingat banyaknya saluran TV yang dapat kita nikmati
  • MOBILITAS, tingkat mobilitas yang tinggi merupakan sebuah alasan khusus bagi TV digital untuk muncul, alasannya dengan TV digital ini, kita mampu menangkap sinyal TV dengan gadget yang memang sudah di integrated kan, sehingga tidak ada alasan, kesibukan yang tinggi membuat kita tidak dapat menikmati TV 🙂

Oke mungkin itu saya yang bisa tulis dipagi ini, semoga bisa bermanfaat yah

Salam hangat

Greenbel

 

Iklan

2 pemikiran pada “NONTON TV APA NONTONIN TV?

  1. dngn adanya TV digital jaman skrng yg memanjakan mata(hehehe), TV analog udah jd barang antik ya bang ??? hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s