BELAJAR PHP (Pengenalan)

Gambar PHPWell, sudah lama saya tidak berblog ria, maklum liburan malas untuk beraktifitas apalagi santunan untuk pulsa internet cekak ahaha. Oke sekarang hari pertama saya masuk kembali berkuliah ria (ngak nanya!!) hehe kebetulan belakangan ini (baru juga kemarin) saya lagi getol-getolnya belajar PHP nih (sebenernya ngak juga sih) hahaha.

Tanya : PHP apaan sih Bang?

Oke, sebelum saya jelaskan PHP itu apa, mungkin saya mau jelaskan fungsi dari PHP itu sendiri supaya kalian yang mau belajar PHP ngak males buat belajar pemrograman yang satu ini 🙂

Berikut menurut pengalaman saya tentang PHP :

  • Engine yang saya kenal pertama kali berasal dari PHP!
  • PHP memang identik dengan Web tapi diluar itu PHP bisa jadi engine dahsyat! (kita bahas belakangan, ilmu saya juga belum cukup)
  • Situs Web ngak mungkin selamanya itu-itu aja, pasti ada maintenance misal kita mau update dkk, dengan PHP engine yang di emmbed pada tag HTML akan mempermudah kita melakukan pembaharuan dsb.
  • Banyak yang lainnya, dipostingan tentang PHP lainnya insyaAlloh akan dibahas.

Tanya : Oke bang fungsinya udah.. sekarang PHP apaan???

Hahaha, ia ia sabar sabar 🙂 PHP sendiri itu setau saya kependekan dari Personal Home Page menurut buku yang saya baca (jiah!! sinetron bener) merupakan script untuk pemrograman script web server-side intinya sih dengan PHP ini maintenance suatu situs web menjadi lebih mudah, nah uniknya, PHP tidak hanya bisa digunakan untuk Web saja, tapi bisa dijadikan Engine powerfull misal kita dapat membuat sebuah engine untuk replace ribuan file, watermark ribuan file, converter to pdf dengan susunan yang ditentutkan SEKALIGUS hanya dalam SATU KALI KLIK! hehe (pengalaman saya ketika menggunakan engine teman saat bekerja di kantor) 🙂

Well ini sejarah singkatnya buat teman-teman :

PHP pertama kali dibuat pada awal musim gugur tahun 1994 oleh Rasmus Lerdoff (rasmus@php.net), awalnya hanya digunakan untuk web nya (kalau ngak salah ngitung banyaknya orang yang visit ke web tersebut) sejalan dengan fungsional tersebut tahun 1995 perkembangannya menigkat drastis (era masuk internet kalau ngak salah) nah tahun 1997 pengembangan PHP ini dilakukan bukan hanya Rasmus saja, tapi + Parser ( Zeev Suraski dan Andi Gutmans) sampai akhirnya versi terbaru yang PHP 5

Oke benerkan sejarah singkat (males ngetik m(=.=)m gomene minna), temen-temen bisa cari lebih jauh di wikipedia atau om google!

Oh ia, kalau yang mau belajar bisa download PHP nya di :

PHP Download from http://www.php.net

Bisa juga pakai XAMPP di SINI

Bagi yang mau membuat Website via PHP bisa coba pakai CMS (Contain Management System) menggunakan PHPNuke

PHPNuke DOWNLOAD from http://www.phpnnuke.org

Iklan

7 pemikiran pada “BELAJAR PHP (Pengenalan)

  1. Ditunggu kelanjuta ceritanya bang Jee…

  2. Ditunggu kelanjutan ceritanya bang Jee…

  3. @R_Qoudit : Oke mas, makasih kunjungan blognya nih 🙂 semoga kemalasan tidak menghampiri saya 🙂

  4. Okeeh Deeh Mas Jee…. Bsok2 Tutorialnya yahhh….. Lam Kenal yahh nama saya Nadia R… wkwkwk…

  5. @reeinz : sama-sama mbak reeinz, wah bisa aja mbak, merendah aja nih, mbak reeinz kan lebih pintar 🙂

  6. wahh… mas Jee terlalu memuji niih… saya gak pintar2 amet kok.. Kita saling sharing ilmu pengetahuan lahh….^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s