BUAT GAME ITU MUDAH [RPGMVX]

Huaahh, ngeblogs kembali -mumpung masih semangat- hehe, sebenernya saya buat tulisan ini karena saya juga sedang buat game kecil-kecilan bersama teman-teman saya.

Tanya : Gampang?? Masa??

Yups, kenapa saya bilang gampang, soalnya sekarang ini banyak banget Game Engine yang sangat membantu kita dalam membuat dan mendesign game. Saya dengan teman-teman menggunakan sebuah game engine besutan Enterbrain yaitu game engine RPG Maker VX, atau biasa disebut RPGMVX.

RPMVX mendukung RTP sehingga bagi temen-temen yang udah punya RTP di masing-masing komputer, bisa dengan mudah  mengoperasikan game ini.

Pada dasarnya RPGMVX ini menawarkan berbagai macam kemudahan, dalam membuat grafis, maping, event, dan lainnnya. Di RPGMVX ini sudah disediakan template awal tapi jangan khwatir, sebab kita bisa mengkostumisasi bahkan sampai kebagian sistem engine tersebut.

RPGMVX menggunakan RGSS, bahasa Ruby Scripting, ngak terlalu susah kok untuk memodifikasi script scriptnya, bahkan kita bisa menambahkan script-script lain pada enginenya. Etss tahan, ngak perlu pusing dengan bahasa Ruby ini, karena kalian bisa buat game langsung dari templateya, kalian tinggal beri Event sesuai dengan selera kalian. Ngak perlu koding meng koding! Mapingnya aja seperti buat gambar di paint hehe 🙂

Berikut cuplikan game yang sedang saya buat bersama teman-teman :

Ini event awal cuplikan game yang kami buat

Ini event lanjutan cuplikan game yang kami buat

Nah, ini bagian pengenalan dulu, lain waktu saya bahas tentang berbagai macam event, maping dan lainnya.

Situs Resminya : www.rpgmakervx.com

Forumnya : www.rpgrevolution.com/

9 pemikiran pada “BUAT GAME ITU MUDAH [RPGMVX]

  1. RMVX juga dah ada quick event kaya buat pintu, transfer bla bla.. yang ngebantu bgt 😀

    sayang ya mappingnya kurang begitu bagus

    • Yup, bener banget, quick event udah ada.
      Kalau dibanding sama RPGMXP emang disayangkan banget, di XP bisa 3 layer, tapi di VX cuma 1.

      • ya masing” punya kelebihan tersendiri
        tapi lucu juga kok mapnya

        di RMVX juga disediakan TileE kosong yg bisa ditambahkan sesuka hati..
        saya sudah coba tambah genteng
        lumayan untuk variasi ^^

  2. Wah Udah Dewa dong Lau ye?
    Teman teman tuh siapa ea?

    • Haha, ngak kok, cuma tau lebih dulu aja. lagian buat game pake Game Engine ini gampang kok.
      Sama temen-temen yang bisa diandalkan, ada yang maping sampe masalah grafis 🙂
      paling saya mah cuma masalah eventing + coding2 dikit ==a

  3. Marina :

    ya masing” punya kelebihan tersendiri
    tapi lucu juga kok mapnya

    di RMVX juga disediakan TileE kosong yg bisa ditambahkan sesuka hati..
    saya sudah coba tambah genteng
    lumayan untuk variasi ^^

    yup betul, tiap engine punya kelebihan, saya lagi coba ngerubah codingannya supaya bisa sampai tileset F dll 🙂

  4. wah ada toolnnya ..
    RMVX mudah y bikin gamenya…

  5. Ping balik: FACE MAKER RPGMVX « Greenbel's Blog

Tinggalkan Balasan

